Halaman pengesahan
Proposal Pengajuan usaha
UD. Az Shop
Telah disahkan dan di setujui oleh :
Menyutujui Tuban,
11 Maret 2017
Guru pembimbing Penyusun
Sri
Indah Budiarti, ST Umi
Mauzun
NI GTT 991001120 NIS.
15484 / 949.071
Penguji I Penguji
II
……………………… ……………………...
Executive summary
Usaha fashion remaja
merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini didasarkan pada semakin
berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terutama remaja terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, terutama kaum wanita
sangat perfect dalam memilih busana. Maka kami berinisiatif membuka suatu usaha
distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Rengel menjadi
tempat pilihan kami karena sangat tepat untuk membuka usaha distro dan hingga
saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang
memberi pelayanan kebutuhan fashion remaja disekitar.
Tujuan Usaha kami
adalah berperan aktif dalam bisnis dan kewiraushaan, menyediakan kebutuhan
fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah memenuhinya, menjalin persahabatan
antar pelanggan.
Misi
kami adalah memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi
kepuasan para pelanggan, menjadi suatu acuan bagi masyarakat untuk berkreasi,
menjadi acuan bagi pesaing lainnya
Lokasi usaha distro ini
sangat strategis dan mudah dijangkau karena dekat dengan pusat keramaian.
Sehingga akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntungan.
Kami juga menggunakan
alur pelayanan dengan cara katalog online dengan begitu pelanggan akan mudah
mengetahui apa saja yang ada di toko kami, dengan begitu akan membuat pelanggan
tertarik mengunjungi toko kami.
DAFTAR
ISI
Halaman pengesahan ................................................................................... 1
Executive summary ..................................................................................... 2
Daftar isi ..................................................................................................... 3
Bab I Pendahuluan
1.
Latar belakang............................................................................... 4
2.
Rumusan masalah.......................................................................... 4
3.
Tujuan usaha................................................................................. 4
4.
Manfaat
a.
Manfaat umum..................................................................... 4
b.
Manfaat khusus.................................................................... 4
Bab
II Deskripsi perusahaan
1.
Profil perusahaan........................................................................... 5
2.
Visi................................................................................................ 5
3.
Misi................................................................................................ 5
4.
Tujuan............................................................................................ 5
5.
Sasaran.......................................................................................... 5
6.
Struktur manajemen usaha............................................................ 5
Bab
III Produk dan jasa
1.
Produk........................................................................................... 6
2.
Keunikan dan keunggulan produk................................................. 6
3.
Segmentasi pasar........................................................................... 6
4.
Potensi pasar................................................................................. 6
5.
Target pemasaran.......................................................................... 6
6.
Posisi produk................................................................................. 6
7.
Promosi.......................................................................................... 6
8.
Resiko usaha.................................................................................. 7
9.
Pesaing........................................................................................... 7
Bab
IV Proses produksi
1.
Teknologi yang digunakan............................................................. 8
2.
Alur pelayanan.............................................................................. 8
Bab
V Analisis keuangan
1.
Permodalan.................................................................................... 9
2.
Modal kerja.................................................................................... 9
3.
Perhitungan laba............................................................................ 10
Bab
VI Penutup
1.
Kesimpulan ................................................................................... 11
2.
Saran ............................................................................................. 11
BAB I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Usaha fashion remaja
merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini didasarkan pada semakin
berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terutama remaja terhadap pelayanan
yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, terutama kaum wanita sangat perfect
dalam memilih busana. Maka kami berinisiatif membuka suatu usaha distro yang up
to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Rengel menjadi
tempat pilihan kami karena sangat tepat untuk membuka usaha distro dan hingga
saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang
memberi pelayanan kebutuhan fashion remaja disekitar.
Lokasi usaha distro ini
sangat strategis dan mudah dijangkau karena dekat dengan pusat keramaian.
Sehingga akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntungan.
1.2
Rumusan Permasalahan
Rumusan
masalah dalam program dibidang ini kewirausahaan
ini adalah :
1. Bagaimana
mencari minat konsumen terhadap pakaian remaja yang berkualitas ?
2. Bagaimana
membuat inovasi dan menjaga kualitas terhadap produk ini agar terus diminati
oleh semua kalangan ?
1.3
Tujuan Usaha
1.
Berperan aktif dalam bisnis dan
kewiraushaan.
2.
Menyediakan kebutuhan fashion bagi
masyarakat, supaya lebih mudah memenuhinya.
3.
Menjalin persahabatan antar pelanggan.
1.4
Manfaat
1.4.1 Manfaat
Umum
1. Mempermudah
jangkauan masyarakat untuk mendapatkan fashion dengan mudah.
2. Mampu
memenuhi kebutuhan dan selera konsumen.
3. Menciptakan
lapangan kerja.
1.4.2 Manfaat
Khusus
1. Meningkatkan
perekonomian keluarga.
BAB II
Deskripsi Perusahaan
2.1 Profil
perusahaan
Nama
persusahaan : Az Shop
Tanggal
berdirinya : 2 Januari 2016
Alamat
perusahaan : Jl. Raya Rengel Dsn.
Purboyo RT4/RW5
Jenis
perusahaan : Usaha Dagang
Jumlah
karyawan : 2
Produk : Fashion
Nomor
telepon :085645394521
2.2 Visi
Distro
Fashion up to date memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
2.3 Misi
1. Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan para
pelanggan.
2. Menjadi
suatu acuan bagi masyarakat untuk berkreasi
3. Menjadi
acuan bagi pesaing lainnya
2.4 Tujuan
Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
2.5 Sasaran
Target
pelanggan usaha ini adalah semua kalangan, baik remaja maupun ibu-ibu.
2.6
Struktur manajemen usaha
·
Pimpinan sebagai pemilik dan pemimpin UD
Az shop. Bertugas menangani keuangan dan penyediaan barang
·
Karyawan I bertugas mencatat barang yang
tersedia dan melayani pembeli.
·
Karyawan II bertugas menata barang
dagangan dan melayani pembeli
BAB III
Produk dan Jasa
3.1 Produk
Produk
yang kami jual adalah pakaian-pakaian remaja dengan mengikuti trend yang ada
tapi tidak terpaku pada mode barat. Beberapa contoh produk yang akan kami tawarkan
adalah kaos panjang, kaos pendek, kerudung, blazer, cardigan, blouse, sweater,
dan banyak lagi.
3.2 Keunikan
dan keunggulan produk
Adapun
mutu produk yang kami hasilkan :
·
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen
·
Bermacam-macam bentuk dan ukuran dengan
style yang up to date
3.3 Segmentasi
pasar
Harga
yang ditawarkan bervariasi dan relative murah dengan harapan dapat dijangkau
oleh semua kalangan, terutama pelajar. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif
dan bersaing dengan tempat-tempat lain. Kami menggunakan strategi harga
penertasi, strategi harga multiple-unit price dan strategi harga lini untuk
memberikan cakupan harga yang berbeda pada produk yang berbeda.
3.4 Potensi
pasar
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian, dan sekarang banyak pelajar atau
mahasiswa yang menyukai pakaian berbagai model. Tidak hanya pelajar dan
mahasiswa tapi kalangan orang tua juga menyukai pakaian model sekarang. Distro
kami menyediakan berbagai pakaian model zaman sekarang yang up to date dengan
berbagai bentuk dan ukuran.
3.5 Target
pemasaran
Target
konsumen kami adalah remaja, mahasiswa, orag tua. Dari kalangan atas sampai
kalangan bawah.
3.6 Posisi
produk
Produk
ini sekarang lagi merabah di dunia remaja. Semakin banyak inovasi semakin
banyak yang berminat.
3.7 Promosi
Target
dari pendirian distro ini adalah remaja yang mungkin tertarik dan datang ke
distro kemudian memesan atau membeli produk kami. Promosi dilakukan dengan cara
:
·
Penyebaran brosur di tempat umum
·
Melakukan promosi lewat internet
·
Menggunakan online marketing
·
Menggunakan strategi word of mouth
·
Menambahkan logo/slogan khusus pada
produk
3.8 Resiko
usaha
Evaluasi
tentang kelemahan usaha (Analisis SWOT)
Adapun
analisis dari SWOT usaha sebagai berikut :
a) Strength
(kekuatan)
·
Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
·
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
·
Memberi pelayanan terbaik terhadap
pelanggan
·
Menjual produk yang berkualitas
b) Weaknes
(kelemahan)
·
Persaingan pasar dengan usaha lain yang
sejenis
·
Berubahnya kondisi perekonomian
c) Opportunity
(peluang)
Dengan
tetap menjaga mutu dan kualitas produk, selalu berinovasi kami yakin kami dapat
bersaing walaupun harus bersaing dengan usaha lain yang lebih besar.
d) Threaty
(Ancaman)
Munculnya
usaha baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami dengan
style-style terbaru.
Resiko yang dihadapi
adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini
di sebabkan semakn banyaknya butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual
pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro berskala internasional.
Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan
menyediakan produk terbaru sesuai selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan
begitu masyarakat akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu dating ke
tempat kami.
3.9 Pesaing
Pesaing
distro kami adalah distro atau butik yang memiliki potensi pasar yang baik
karena sudah lama dikenal oleh masyarakat. Pesaing kami juga memberikan
kualitas yang disetarakan dengan harga yang ekonomis.
BAB IV
PROSES PRODUKSI
4.1 Teknologi yang
digunakan
4.1.1 Rencana
Suplay
Dalam melakukan
pengadaan barang dagangan dilakukan pembelian secara langsung dan tidak
langsung. Pembelian langsung dilakukan dengan langsung mengunjungi tempat
penjulan jilbab secara grosir di berbagai wilayah. Dan jika dalam penyediaan
barang tersebut terdapat kendala berupa jauhnya tempat pembelian, maka akan
dilakukan dengan melalui pemesanan lewat online sehingga akan lebih efektif dan
efisien
4.1.2
Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan
Usaha ini memerlukan beberapa
perlatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang dalam proses
operasional penjualan. Peralatan dan perlengkapan yag dibutuhkan dalam usaha
ini antara lain :
Alat display baju, rak, badan manikin, cermin, hanger, kursi
dan meja
Peralatan dan perlengkapan lainya yang sifatnya kecil dan
immaterial
4.1.3 Teknik
Display
Display atau dekorasi pemampangan
baju yang menarik bisa membuat orang betah berlama-lama duduk dan memancing
mereka untuk membeli. Baju dikelompokan sesuai dengan jenisnya Dalam
memperlihatkan produk yang dijual menggunakan tema eye catching dengan menonjolkan
baju yang sedang trend saat itu. Pencahayaan yang cukup juga akan menambah
kenyamanan pembeli dan memperindah warna-warna baju yang dipajang. Display akan
diganti secara berkala, jadi tidak monoton supaya yang melihatnya tidak bosan
dan akan terus tertarik untuk masuk, untuk melihat apakah ada yang baru dalam
usaha penjualan baju tersebut.
4.2 Alur pelayanan
4.2.1 Katalog
Online
Kami membuat katalog
online agar pelanggan penasaran dengan barang yang dikatalog dan nantinya
pelanggan akan datang mengunjungi distro kami dan bisa juga pesan online nanti
akan di kirim lewat pos.
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
5.1
Permodalan
1. Sumber
modal
a. Modal
Sendiri Rp. 10.000.000
b. Pinjaman
Orang tua Rp. 10.000.000 +
TOTAL MODAL Rp. 20.000.000
2. Investasi
a. Tanah
seluas 150 m2 Rp. 2.000.000
b. Bangunan
seluas 100 m2 Rp. 5.000.000
c. Mesin-mesin
da peralatan Rp. 13.650.000
d. Peralatan
kantor Rp. 4.350.000 +
JUMLAH INVESTASI Rp. 25.000.000
Jumlah Modal + Investasi = Rp. 20.000.000 + Rp. 25.000.000
= Rp. 45.000.000
5.2
Modal kerja
1. Gaji
atau upah
a.
Pemilik perusahaan Rp. 9.000.000
b.
Tenaga kerja biasa Rp.
6.000.000 +
JUMLAH KEBUTUHAN GAJI Rp. 15.000.000
2. Bahan-bahan
baku
a. Biaya
bahan langsung Rp. 15.000.000
b. Upah
langsung Rp. 900.000 +
JUMLAH KEBUTUHAN
Rp. 15.900.000
3. Transport
bahan baku Rp. 1.000.000
4. Perlengkapan
pengadaan bahan baku Rp. 1.000.000
5. Penyusutan
Rp. 900.000
6. Biaya
lain-lain Rp. 600.000 +
JUMLAH KEBUTUHAN DANA KESELURUHAN Rp. 34.400.000
Rekapitulasi dana yang dibutuhkan
1. Jumlah
modal investasi Rp. 45.000.000
2. Jumlah
kebutuhan gaji Rp.
15.000.000
3. Jumlah
kebutuhan dana bahan baku Rp. 15.900.000
4. Jumlah
kebutuhan dana
a. Transportasi
Rp. 1.000.000
b. Perlengkapan
Rp. 1.000.000
c. Penyusutan
Rp. 900.000
d.
Biaya lain-lain Rp. 600.000
+
JUMLAH KEBUTUHAN MODAL KESELURUHAN Rp. 79.400.000
5.3 Perhitungan Laba
1.
Penjualan (per tahun) Rp.150.000.000
2. Harga
pokok penjualan
a. Sediaan
awal produksi jadi Rp. 30.000.000
b. Produk
jadi yang di buat Rp. 20.000.000 +
Nilai seluruh produk
yang
dapat dijual Rp. 50.000.000
c. Sediaan
akhir produk jadi Rp. 3.000.000
+
Harga pokok penjualan Rp.
53.000.000
3. Pendapatan
kotor Rp. 97.000.000
4. Biaya
pemasaran
a. Gaji
tenaga pemasaran Rp. 1.200.000
b. Biaya
iklan atau promosi Rp. 2.400.000
c. Biaya
penyaluran Rp. 2.400.000 +
Biaya pemasaran Rp. 6.000.000
Laba
kotor Rp. 91.000.000
5. Laba
sebelum di potong pajak Rp.
91.000.000
6. Pajak
5% x 41.000.000 Rp. 2.050.000
7. Laba
bersih Rp. 88.950.000
5.4
Waktu Balik Modal
88.950.000
X 100% = 9 bulan
45.000.000 + 34.400.000
Bab VI
Penutup
6.1 Kesimpulan
Dari Proposal Usaha ini dapat
disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan baju sangat menguntungkan, memiliki
peluang yag sangat baik dalam jangka waktu yang panjang, mudah untuk
dikembangkan, selain itu usaha ini juga dapat menjaring tenaga kerja untuk mengurangi
tingkat pegangguran di Indonesia.
6.2 Saran
Model baju yang terus berubah dapat
menyebabkan baju model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh masyarakat
sehingga tingkat penjualanyapun menurun. Untuk itu, dalam kegiatan pembelian
barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini, membandingkan antara
tingkat kesukaan masyarakat dan daya belinya atas trend baju tersebut dengan
jumlah pembelian sehingga tidak akan terjadi penumpukan barang dagang yang
belum terjual.
0 comments:
Post a Comment