Sunday, 20 August 2017

Contoh Proposal Pengajuan usaha

Halaman pengesahan



Proposal Pengajuan usaha
UD. Az Shop

Telah disahkan dan di setujui oleh :

Menyutujui                                                                              Tuban, 11 Maret 2017
Guru pembimbing                                                                   Penyusun


Sri Indah Budiarti, ST                                                   Umi Mauzun
NI GTT 991001120                                                       NIS. 15484 / 949.071


Penguji I                                                                         Penguji II


………………………                                                    ……………………...

Executive summary

Usaha fashion remaja merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini didasarkan pada semakin berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terutama remaja terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, terutama kaum wanita sangat perfect dalam memilih busana. Maka kami berinisiatif membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Rengel menjadi tempat pilihan kami karena sangat tepat untuk membuka usaha distro dan hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion remaja disekitar.
Tujuan Usaha kami adalah berperan aktif dalam bisnis dan kewiraushaan, menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah memenuhinya, menjalin persahabatan antar pelanggan.
Misi kami adalah memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan para pelanggan, menjadi suatu acuan bagi masyarakat untuk berkreasi, menjadi acuan bagi pesaing lainnya
Lokasi usaha distro ini sangat strategis dan mudah dijangkau karena dekat dengan pusat keramaian. Sehingga akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntungan.
Kami juga menggunakan alur pelayanan dengan cara katalog online dengan begitu pelanggan akan mudah mengetahui apa saja yang ada di toko kami, dengan begitu akan membuat pelanggan tertarik mengunjungi toko kami.




DAFTAR ISI

Halaman pengesahan ................................................................................... 1
Executive summary ..................................................................................... 2
Daftar isi ..................................................................................................... 3
Bab I Pendahuluan
1.     Latar belakang............................................................................... 4
2.     Rumusan masalah.......................................................................... 4
3.     Tujuan usaha................................................................................. 4
4.     Manfaat
a.     Manfaat umum..................................................................... 4
b.     Manfaat khusus.................................................................... 4
Bab II Deskripsi perusahaan
1.     Profil perusahaan........................................................................... 5
2.     Visi................................................................................................ 5
3.     Misi................................................................................................ 5
4.     Tujuan............................................................................................ 5
5.     Sasaran.......................................................................................... 5
6.     Struktur manajemen usaha............................................................ 5
Bab III Produk dan jasa
1.     Produk........................................................................................... 6
2.     Keunikan dan keunggulan produk................................................. 6
3.     Segmentasi pasar........................................................................... 6
4.     Potensi pasar................................................................................. 6
5.     Target pemasaran.......................................................................... 6
6.     Posisi produk................................................................................. 6
7.     Promosi.......................................................................................... 6
8.     Resiko usaha.................................................................................. 7
9.     Pesaing........................................................................................... 7
Bab IV Proses produksi
1.     Teknologi yang digunakan............................................................. 8
2.     Alur pelayanan.............................................................................. 8
Bab V Analisis keuangan
1.     Permodalan.................................................................................... 9
2.     Modal kerja.................................................................................... 9
3.     Perhitungan laba............................................................................ 10
Bab VI Penutup
1.     Kesimpulan ................................................................................... 11
2.     Saran ............................................................................................. 11



BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Usaha fashion remaja merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini didasarkan pada semakin berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terutama remaja terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, terutama kaum wanita sangat perfect dalam memilih busana. Maka kami berinisiatif membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Rengel menjadi tempat pilihan kami karena sangat tepat untuk membuka usaha distro dan hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion remaja disekitar.
Lokasi usaha distro ini sangat strategis dan mudah dijangkau karena dekat dengan pusat keramaian. Sehingga akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntungan.
1.2  Rumusan Permasalahan
Rumusan masalah dalam program dibidang ini  kewirausahaan ini adalah :
1.     Bagaimana mencari minat konsumen terhadap pakaian remaja yang berkualitas ?
2.     Bagaimana membuat inovasi dan menjaga kualitas terhadap produk ini agar terus diminati oleh semua kalangan ?
1.3  Tujuan Usaha
1.     Berperan aktif dalam bisnis dan kewiraushaan.
2.     Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah memenuhinya.
3.     Menjalin persahabatan antar pelanggan.
1.4  Manfaat
1.4.1    Manfaat Umum
1.     Mempermudah jangkauan masyarakat untuk mendapatkan fashion dengan mudah.
2.     Mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen.
3.     Menciptakan lapangan kerja.
1.4.2    Manfaat Khusus
1.     Meningkatkan perekonomian keluarga.
BAB II
Deskripsi Perusahaan
2.1  Profil perusahaan
Nama persusahaan : Az Shop
Tanggal berdirinya : 2 Januari 2016
Alamat perusahaan       : Jl. Raya Rengel Dsn. Purboyo RT4/RW5
Jenis perusahaan   : Usaha Dagang
Jumlah karyawan  : 2
Produk                   : Fashion
Email                     : Azshop@gmail.com
Nomor telepon       :085645394521
2.2  Visi
Distro Fashion up to date memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
2.3  Misi
1.     Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan para pelanggan.
2.     Menjadi suatu acuan bagi masyarakat untuk berkreasi
3.     Menjadi acuan bagi pesaing lainnya
2.4  Tujuan
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
2.5  Sasaran
Target pelanggan usaha ini adalah semua kalangan, baik remaja maupun ibu-ibu.
2.6 


Struktur manajemen usaha
·        Pimpinan sebagai pemilik dan pemimpin UD Az shop. Bertugas menangani keuangan dan penyediaan barang
·        Karyawan I bertugas mencatat barang yang tersedia dan melayani pembeli.
·        Karyawan II bertugas menata barang dagangan dan melayani pembeli
BAB III
Produk dan Jasa
3.1  Produk
Produk yang kami jual adalah pakaian-pakaian remaja dengan mengikuti trend yang ada tapi tidak terpaku pada mode barat. Beberapa contoh produk yang akan kami tawarkan adalah kaos panjang, kaos pendek, kerudung, blazer, cardigan, blouse, sweater, dan banyak lagi.
3.2  Keunikan dan keunggulan produk
Adapun mutu produk yang kami hasilkan :
·        Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen
·        Bermacam-macam bentuk dan ukuran dengan style yang up to date
3.3  Segmentasi pasar
Harga yang ditawarkan bervariasi dan relative murah dengan harapan dapat dijangkau oleh semua kalangan, terutama pelajar. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif dan bersaing dengan tempat-tempat lain. Kami menggunakan strategi harga penertasi, strategi harga multiple-unit price dan strategi harga lini untuk memberikan cakupan harga yang berbeda pada produk yang berbeda.
3.4  Potensi pasar
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian, dan sekarang banyak pelajar atau mahasiswa yang menyukai pakaian berbagai model. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa tapi kalangan orang tua juga menyukai pakaian model sekarang. Distro kami menyediakan berbagai pakaian model zaman sekarang yang up to date dengan berbagai bentuk dan ukuran.
3.5  Target pemasaran
Target konsumen kami adalah remaja, mahasiswa, orag tua. Dari kalangan atas sampai kalangan bawah.
3.6  Posisi produk
Produk ini sekarang lagi merabah di dunia remaja. Semakin banyak inovasi semakin banyak yang berminat.
3.7  Promosi
Target dari pendirian distro ini adalah remaja yang mungkin tertarik dan datang ke distro kemudian memesan atau membeli produk kami. Promosi dilakukan dengan cara :
·        Penyebaran brosur di tempat umum
·        Melakukan promosi lewat internet
·        Menggunakan online marketing
·        Menggunakan strategi word of mouth
·        Menambahkan logo/slogan khusus pada produk
3.8  Resiko usaha
Evaluasi tentang kelemahan usaha (Analisis SWOT)
Adapun analisis dari SWOT usaha sebagai berikut :
a)     Strength (kekuatan)
·        Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
·        Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
·        Memberi pelayanan terbaik terhadap pelanggan
·        Menjual produk yang berkualitas
b)    Weaknes (kelemahan)
·        Persaingan pasar dengan usaha lain yang sejenis
·        Berubahnya kondisi perekonomian
c)     Opportunity (peluang)
Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk, selalu berinovasi kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan usaha lain yang lebih besar.
d)    Threaty (Ancaman)
Munculnya usaha baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami dengan style-style terbaru.
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini di sebabkan semakn banyaknya butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro berskala internasional. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk terbaru sesuai selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu dating ke tempat kami.
3.9  Pesaing
Pesaing distro kami adalah distro atau butik yang memiliki potensi pasar yang baik karena sudah lama dikenal oleh masyarakat. Pesaing kami juga memberikan kualitas yang disetarakan dengan harga yang ekonomis.



BAB IV
PROSES PRODUKSI
4.1 Teknologi yang digunakan
          4.1.1 Rencana Suplay
Dalam melakukan pengadaan barang dagangan dilakukan pembelian secara langsung dan tidak langsung. Pembelian langsung dilakukan dengan langsung mengunjungi tempat penjulan jilbab secara grosir di berbagai wilayah. Dan jika dalam penyediaan barang tersebut terdapat kendala berupa jauhnya tempat pembelian, maka akan dilakukan dengan melalui pemesanan lewat online sehingga akan lebih efektif dan efisien
4.1.2 Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan

Usaha ini memerlukan beberapa perlatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang dalam proses operasional penjualan. Peralatan dan perlengkapan yag dibutuhkan dalam usaha ini antara lain :
Alat display baju, rak, badan manikin, cermin, hanger, kursi dan meja
Peralatan dan perlengkapan lainya yang sifatnya kecil dan immaterial

4.1.3 Teknik Display
Display atau dekorasi pemampangan baju yang menarik bisa membuat orang betah berlama-lama duduk dan memancing mereka untuk membeli. Baju dikelompokan sesuai dengan jenisnya Dalam memperlihatkan produk yang dijual menggunakan tema eye catching dengan menonjolkan baju yang sedang trend saat itu. Pencahayaan yang cukup juga akan menambah kenyamanan pembeli dan memperindah warna-warna baju yang dipajang. Display akan diganti secara berkala, jadi tidak monoton supaya yang melihatnya tidak bosan dan akan terus tertarik untuk masuk, untuk melihat apakah ada yang baru dalam usaha penjualan baju tersebut.

4.2 Alur pelayanan
4.2.1    Katalog Online
Kami membuat katalog online agar pelanggan penasaran dengan barang yang dikatalog dan nantinya pelanggan akan datang mengunjungi distro kami dan bisa juga pesan online nanti akan di kirim lewat pos.



BAB V
ANALISIS KEUANGAN

5.1 Permodalan
1.    Sumber modal
a.     Modal Sendiri                             Rp.   10.000.000
b.     Pinjaman Orang tua                    Rp.   10.000.000 +
                TOTAL MODAL                                                     Rp.   20.000.000
2.    Investasi
a.     Tanah seluas 150 m2                   Rp.     2.000.000
b.     Bangunan seluas 100 m2   Rp.     5.000.000
c.      Mesin-mesin da peralatan           Rp.   13.650.000
d.     Peralatan kantor               Rp.     4.350.000 +
JUMLAH INVESTASI                                           Rp.   25.000.000
Jumlah Modal + Investasi          = Rp. 20.000.000 + Rp. 25.000.000
                                                   = Rp. 45.000.000
5.2 Modal kerja
1.     Gaji atau upah
a.        Pemilik perusahaan                   Rp.    9.000.000
b.        Tenaga kerja biasa           Rp.    6.000.000 +
                JUMLAH KEBUTUHAN GAJI                               Rp.   15.000.000
2.     Bahan-bahan baku
a.     Biaya bahan langsung     Rp.   15.000.000
b.     Upah langsung                Rp.        900.000 +
JUMLAH KEBUTUHAN                                       Rp.   15.900.000
3.     Transport bahan baku                                             Rp.     1.000.000
4.     Perlengkapan pengadaan bahan baku                      Rp.     1.000.000
5.     Penyusutan                                                              Rp.        900.000
6.     Biaya lain-lain                                                         Rp.        600.000 +
     JUMLAH KEBUTUHAN DANA KESELURUHAN Rp.   34.400.000



Rekapitulasi dana yang dibutuhkan
1.     Jumlah modal investasi                                             Rp.  45.000.000
2.     Jumlah kebutuhan gaji                                              Rp.  15.000.000
3.     Jumlah kebutuhan dana bahan baku                         Rp.  15.900.000
4.     Jumlah kebutuhan dana
a.     Transportasi                                                    Rp.    1.000.000
b.     Perlengkapan                                                   Rp.    1.000.000
c.      Penyusutan                                                      Rp.       900.000
d.     Biaya lain-lain                                                 Rp.       600.000  +
JUMLAH KEBUTUHAN MODAL KESELURUHAN                    Rp.  79.400.000
5.3 Perhitungan Laba
1.     Penjualan (per tahun)                                              Rp.150.000.000
2.     Harga pokok penjualan
a.     Sediaan awal produksi jadi         Rp.  30.000.000
b.     Produk jadi yang di buat   Rp.  20.000.000 +
Nilai seluruh produk yang
dapat dijual                                      Rp.  50.000.000
c.      Sediaan akhir produk jadi Rp.    3.000.000 +
Harga pokok penjualan                                                Rp.  53.000.000
3.     Pendapatan kotor                                                     Rp.  97.000.000
4.     Biaya pemasaran
a.     Gaji tenaga pemasaran      Rp.    1.200.000
b.     Biaya iklan atau promosi  Rp.    2.400.000
c.      Biaya penyaluran              Rp.    2.400.000 +
Biaya pemasaran                                                     Rp.    6.000.000
Laba kotor                                                               Rp.  91.000.000
5.     Laba sebelum di potong pajak                                 Rp.  91.000.000
6.     Pajak 5% x 41.000.000                                           Rp.    2.050.000
7.     Laba bersih                                                              Rp.  88.950.000

5.4 Waktu Balik Modal

88.950.000
                                               X 100% = 9 bulan
45.000.000 + 34.400.000
Bab VI
 Penutup
6.1 Kesimpulan
Dari Proposal Usaha ini dapat disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan baju sangat menguntungkan, memiliki peluang yag sangat baik dalam jangka waktu yang panjang, mudah untuk dikembangkan, selain itu usaha ini juga dapat menjaring tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pegangguran di Indonesia.

6.2 Saran
Model baju yang terus berubah dapat menyebabkan baju model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh masyarakat sehingga tingkat penjualanyapun menurun. Untuk itu, dalam kegiatan pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini, membandingkan antara tingkat kesukaan masyarakat dan daya belinya atas trend baju tersebut dengan jumlah pembelian sehingga tidak akan terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.


0

0 comments:

Post a Comment